Hidup di kota Miyazaki yang tenang, damai dan sunyi terkadang menjadi kendala sendiri bila harus berpergian ke daerah tertentu, sebut saja untuk berburu barang – barang diskon atau barang – barang second hand yang masih high quality ataupun untuk sekedar mengantar anak check up kesehatan. Saat – saat itu, dirasa transportasi umum kurang nyaman, selain makan waktu baik untuk menunggu atau di perjalanan, juga untuk ongkos yang jauh lebih mahal ketimbang beli bensin mobil. Untuk itu, mengendarai mobil pribadi menjadi pilihan yang menarik.

sim 028Ups … tapi tunggu dulu, meski harga mobil disini yang relatif lebih murah dari Indo, tingkat kesulitan terletak pada mencari Surat ijin mengemudi … a.k.a SIM. Untuk kartu satu lembar itu, bisa dibilang, ribetnya 10 kali dari pengurusan SIM di Indo (apalagi kalo pake calo).

Berikut adalah penjelasan singkat prosedur pengambilan sim, berdasar pengalaman pribadi si penulis, yang merasa betul susahnya mencari SIM, meski sudah memiliki SIM Indo dan sudah 12 tahun berpengalaman mengendarai mobil.

Sebagai awalan, selaku pendatang dari luar negeri, ada 2 jalur yang bisa dilewati bila kita ingin mendapatkan SIM Jepang:

1. Gaimen

SIM ini berlaku 2 atau 3 tahun (awalnya) setelah diperpanjang, bisa berlaku tiap 5 tahun. Dengan SIM ini, kita bisa mengendarai kendaraan pribadi dengan jumlah penumpang kurang dari 11 orang.

Ketentuannya adalah kita telah memiliki SIM Indonesia yang masih berlaku, berumur lebih dari 17 tahun pada saat mengambil SIM pertama kali, dan setidak tidaknya telah tinggal di Indonesia selama 3 bulan setelah SIM diterbitkan. Sebagai langkah pertama, si pemilik SIM harus membuat janji dengan pihak mengkyou senta untuk memvalidasi SIM indonesia. Harap diketahui, pada proses ini, ada banyak sekali pertanyaan yang diajukan, serta perbedaan sedikit pada SIM akan terus dipertanyakan.

Mengkyou Senta Miyazaki

Bila termasuk kategori ini, maka bisa langsung apply di hari yang lain dengan membawa :

  • SIM Indonesia dan translate SIM di JAF (biaya translate 3000 yen, lama pengurusan 20 menit)
  • Alien Card
  • Sertifikat Alien Card (lembaran hijau yang bisa didapatkan di kelurahan Kibana atau city hall)
  • Pass Foto 2×3 sebanyak 2 lembar
  • Pasport
  • Kaca mata / contact lens

Materi yang diujikan:

  • Ujian kesehatan : Tes mata (rabun dan buta warna), Tes pendengaran
  • Ujian Tulis : materi mengenai tata tertib dan cara mengemudi di Jepang (pdf buku ada di penulis, bisa dicopy karena 23 MB), lulus bila benar 8 dari 10 soal. (Pendaftaran di buka jam 08.30). Biaya 2400 yen
  • Ujian Praktek : dilaksanakan bila ujian tulis lulus, tersedia 2 rute (A dan B) yang ditetapkan acak dan diumumkan pada pagi hari. Lama waktu tempuh sekitar 5-10 menit. Lulus bila mendapat nilai 60 / 100 (nilai kesalahan ada yang 5 point, 10 point atau 20 point). Biaya sekitar 1600 yen bila diambil pada hari yang sama dengan kelulusan ujian tulis, di hari yang lain sekitar 2100 yen. (kalo gagal, membayar 2100 lagi).

SIM diterima pada hari yang sama dengan kelulusan ujian Praktek.

2. Karimen dan Honmen

A. Karimen

adalah SIM pemula yang berlaku 6 bulan, diperbolehkan mengendarai mobil pribadi dengan penumpang kurang dari 11 orang, namun didampingi oleh orang yang memiliki SIM Tingkat Lanjut atau SIM jepang biasa yang sudah diperbarui setelah 2-3 tahun, selain itu terdapat tanda Belajar di Mobil. SIM ini bisa diambil siapa saja yang berumur diatas 17 tahun, tanpa ada ketentuan harus mengikuti sekolah mengemudi ataupun memiliki SIM Indonesia / Internasional.

Persyaratan yang dibawa:

  • Alien Card
  • Sertifikat Alien Card
  • Pasfoto 2 x 3 sebanyak 2 lembar
  • Kacamata / contact lens

Materi yang diujikan :

  • Ujian Kesehatan : sama dengan gaimen
  • Ujian Tulis : materi sama dengan gaimen, namun jumlah soal sebanyak 50 dan harus betul 45. (biaya 3100 yen), bila tidak lulus maka mengulang lagi dengan membayar biaya test tulis lagi.
  • Ujian Praktek : Ujian di dalam Menkyou Senta dengan 3 pilihan rute, waktu tempuh selama 20-25 menit. Lulus bila mendapat nilai 70/100 (Biaya 1600 yen bila diambil pada hari yang sama dengan kelulusan ujian tulis, selain itu 4750 yen). Bila tidak lulus maka mengulang lagi dengan membayar biaya test praktek lagi.
  • Nanti kalo sudah lulus, ngambil SIM dengan membayar 1200 yen.

B. Honmen

adalah SIM Jepang umum yang berlaku 3 tahun (awal), kemudian 5 tahun setelah perpanjangan pertama.. Ketentuan mobil dan penumpang sama dengan Gaimen. Bisa diambil bila telah memiliki SIM Karimen yang masih berlaku dan telah mengikuti kursus mengemudi selama 5 hari serta mengikuti kursus P3K selama 2 hari (20.000 yen)

Persyaratan yang dibawa:

  • SIM Karimen
  • Alien Card
  • Sertifikat Alien Card
  • Pasfoto 2 x 3 sebanyak 2 lembar
  • Kacamata / contact lens

Materi yang diujikan :

  • Ujian Kesehatan : sama dengan gaimen
  • Ujian Tulis : materi sama dengan gaimen, namun jumlah soal sebanyak 100 dan harus betul 90. (biaya 2400 yen), bila tidak lulus maka mengulang lagi dengan membayar biaya test tulis lagi.
  • Ujian Praktek : Ujian di luar Menkyou Senta dengan 7 pilihan rute, jarak perjalanan 2km. Bila berhasil, dilanjutkan dengan test parkir, terdapat 3 pilihan untuk ini. Kita dinyatakan lulus bila mendapat nilai 70/100 (Biaya 3400 yen). bila tidak lulus maka mengulang lagi dengan membayar biaya test praktek lagi.

Bila berhasil mendapat SIM ini, selama 1 tahun pertama, mobil harus ditempel stiker pemula di bagian depan dan belakang. Memang untuk mendapatkan SIM honmen ini, memakan waktu dan biaya yang besar, karena untuk orang jepang sendiri, membutuhkan 4-6 kali test untuk bisa lulus. Hal ini dikarenakan ketatnya test yang mereka lakukan, cara belok yang tidak benar, ataupun lupa untuk menoleh bisa berakibat kegagalan. Jadi bisa dibayangkan bila dinyatakan lulus, tak jarang kita lihat mereka – mereka itu lompat kegirangan.

Sebagai gambaran, si penulis mencoba mencari SIM melalui jalur karimen dan honmen sebagai akibat umur yang terlalu muda pada pengambilan SIM Indonesia (16th). Untuk karimen sendiri ujian tulis dan ujian praktek sebanyak 1 kali, namun untuk honmen, ujian tulis sebanyak 3 kali dan ujian praktek sebanyak 4 kali. Biaya yang dihabiskan sekitar 100 rb yen, selain untuk biaya test, juga untuk biaya belajar ujian praktek (@jam=6500 yen)

Selain SIM JEPANG di yang telah dipaparkan di atas, ada juga beberapa teman yang mentranslate SIM melalui SIM INTERNASIONAL. dengan beberapa persyaratan, antara lain SIM Indonesia dan Pasport serta photo, Translate yang menghabiskan biaya sekitar 8000 yen ini bisa diminta secara online melalui internet. Masa waktu pembuatan sekitar 1 minggu, dengan masa waktu SIM Internasional 1 atau 3 tahun. Hanya saja, pihak Mengkyou Senta Miyazaki sendiri tidak mengakui SIM ini, meski kadang POLISI di miyazaki sepertinya terkesan menerima SIM ini dengan hanya memberi peringatan untuk pelanggar (berkaca dari pengalaman teman yang tertangkap polisi dengan SIM Internasional).

Jadi SIM mana yang akan anda ambil … Apapun SIMnya … mengendarai hati – hati lah di Jalan ya .. BANZAI !!

 

12 Responses to Susahnya cari Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Jepang

  1. tiwi says:

    selamat malam..
    terimakasih atas infonya ^^
    klo boleh saya minta materi ujian tertulis yg gaimen?
    lalu ujian praktek apa saja ya yg diuji?
    terimakasih banyak.. ^^

    • assalamu alaikum mbak Tiwi,

      Maaf sebelumnya, kalo baru balas sekarang, maklum akhir-akhir ini jarang buka blog.
      Sudah ujian kah? kalo belum, ini ada sedikit keterangan,
      untuk ujian gaimen, insyaallah ndak perlu kuatir, karena soalnya cuma 10 dan diminta betul 8.
      Dan soal – soal tersebut, dari keterangan beberapa kawan yang mengambil, lumayan sangat mudah seperti setelah minum alkohol apa boleh nyetir? , dsb.
      untuk ujian prakteknya juga tergolong mudah, karena hanya lewat jalan tertentu dengan rambu2 kecepatan dan tidak ada ujian parkir atau mundur.
      terima kasih, semoga membantu.

  2. Fathul says:

    Pertama2 saya ucapkan terima kasih kepada mas Indra atas artikelnya. Membantu saya mendapatkan gambaran mengenai pembuatan SIM di Jepang.
    Mulai bulan depan insya alloh saya akan bersekolah di Jepang. tampaknya akan langsung mengambil SIM di saat2 awal.
    Langsung saja ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan.
    1. Karena SIM Indonesia saya akan habis pada tengah tahun ini, apakah bila saya membawa sim perpanjangan (nota bene, usianya belum genap sebulan dari sejak dikeluarkannya sim ini) bisa langsung mengajukan Gaimen.
    2. Mengenai buku ujian tulis yang Mas Indra sebut dalam artikel ini, di mana saya dapat membaca/meng-copy nya.

    TErima kasih banyak mas.

    • Assalamu alaikum mas Fathul,

      Alhamdulillah, selamat datang di Jepang, moga – moga betah disini. Untuk pertanyaannya:
      1. Insyaallah bisa mengajukan gaimen, namun seyogyanya ada fotokopi SIM yang lama dan surat keterangan dari polres pembuat SIM, bahwa SIM yang saat ini adalah SIM yang diperbarui. Saya dulu juga pernah terbentur masalah, ini jadi minta tolong teman di Indo untuk ngurus surat keterangan.
      2. Untuk bukunya, sebenarnya di JAF mereka jual sekitar 3000 atau 2000 yen, tapi ini ada, sempat dapat dari internet. Apa masih berminat? soalnya sudah 2 bulan yang lalu tanyanya hehehe. kalo iya, nanti saya kirim filenya ke emailnya mas Fathul.

      Terima kasih juga mas.

  3. Hutanti says:

    Maaf Mas, kl hanya plg keInd selama 1bln bener2 gak bisa buat ya…meski saya udah tinggal diJP selama 6thn, trs bagaimana dgn SIM Internasionalnya apakah sama hrs tinggal 3 bln sejak penerbitan SIM tersebut? mohon bantuan penjelasannya Mas…saya bener2 pengen buat tp ragu mau dtg lgsg ke JAF takut ditolak, terimakasih atas perhatiannya

    • Buat mbak Hutanti,

      maaf mbak, sepertinya memang demikian. Mereka mensyaratkan paling nggak 3 bulan harus tinggal dinegara pembuat SIM, meskipun boleh secara kumulatif, seperti 1 bln balik jepang, terus balik indo lagi untuk 2 bln, terus balik jepang baru bisa buat SIM. Untuk internasionalnya, sebenarnya rada ndak tahu, tapi sepertinya sama. Oh iya, sebenarnya SIM Internasional Indonesia di Jepang itu ndak berlaku, meski ada yang bilang hanya 1 tahun berlakunya. Tapi kadang2 polisinya kan juga nggak begitu paham peraturan itu, jadi ya biasanya ada juga yang gak jadi ditilang (berkaca dari pengalaman teman, hehehe). Insyaallah kalo di JAF mereka terima untuk translatenya, tapi mungkin ndak bisa diterima di mengkyou centanya. Kalo dah 6thn disini apa ndak sekalian buat SIM sini aja mbak hehehe….

  4. jhoe says:

    makasi infonya mas,sangat membantu sekali,,,
    minta tolong materi ujian mengemudinya bisa di bagi gk????
    kalo bisa sebelumnya makasi bangat….
    salam…

  5. agus says:

    masih bisa nanya gak?test nya dalam bahasa indonesia ada nggak mas.
    soalnya saya nggak pinter bahasa jepang & bahasa inggris,saya tinggal di daerah chiba.

    • Mas Agus, sepertinya testnya nggak bisa dalam bahasa indonesia, belum ada yang menterjemahkan.
      karena setiap 2-4 tahun sekali soal – soal tersebut di ganti baru.
      selamat mencoba ya mas.

  6. Indri says:

    Boleh minta materi ujian tulis untuk pembuatan sim di jpn… Rencana pengen bikin sim juga… Terimakasih info y yah ngebantu banget… :))

    • Maaf mbak, sebetulnya ingin berbagi. Tapi sebelum pulang ke Indo, Harddisk saya sempat rusat, data tentang buku materi PDF ikut hilang. Tapi kalo nggak salah bisa beli bukunya di JAF sekitar 2000-3000 yen.

  7. Didin Wahyudin says:

    Salam kenal pak, kalau boleh tahu, judul buku panduan tersebut apa ya pak? siapa tahu bisa menemukan di internet. terima kasih.

    Didin Wahyudin
    JAIST, Nomi-ishikawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*